Tugas Humas Dalam Organisasi, 7 Tugas Public Relation

tugas humas dalam organisasi, tugas public relation

Karir dan Pekerjaan –  Pengusaha Dunia – Apa itu humas? Apa saja Tugas Public Relation atau tugas humas dalam organisasi?  – Kegagalan dan keberhasilan suatu organisasi dapat dipengaruhi oleh kegiatan humasnya. Oleh karena itu, dapat pula dikatakan bahwa humas adalah wajah dari organisasi itu sendiri.

Apa itu Humas?

Humas adalah singkatan dari hubungan masyarakat atau yang disebut juga public relation merupakan salah satu bentuk usaha dalam membangun dan mempertahankan reputasi atau nama baik, citra dan komunikasi yang baik serta bermanfaat antara organisasi dan masyarakat.

Namun tahukah Anda apa sebenarnya tugas Humas dalam organisasi itu sendiri?

7 Tugas Humas Dalam Organisasi – Tugas Public Relation

Peran atau tugas humas dalam organisasi memang sangat berpengaruh pada organisasi tersebut.

Seorang humas harus memahami seluk beluk dan semua informasi yang berkaitan dengan organisasi.

Tak hanya itu, seorang humas juga diharuskan membawa citra dari semua organisasi sehingga ia harus memiliki penampilan dan tata bahasa yang baik dan teratur.

Humas juga harus mampu menciptakan nilai positif untuk dapat meningkatkan penjualan maupun citra positif dari sebuah organisasi di mata masyarakat.

Kinerja seorang humas lebih banyak berada di luar ruangan atau lapangan dan bertugas mengedukasi serta memperkenalkan keunggulan dari organisasinya.

Dengan begitu, akan banyak menarik minat masyarakat sehingga banyak yang bergabung ke dalam organisasi ataupun sekadar membeli produk yang ditawarkan oleh organisasi tersebut.

Tugas humas dalam organisasi sangatlah penting dalam upaya menjaga hubungan antara organisasi dengan stakeholder dan masyarakat sekitar.

Berikut ini merupakan beberapa tugas dari humas yang perlu Anda ketahui.

1. Mengelola keadaan darurat

Tugas Public Relation – Jika ada sebuah kondisi atau masalah yang dapat merusak nama baik sebuah organisasi, misalnya saja karena adanya isu-isu negatif yang berkembang di masyarakat, maka peran humas sangat dibutuhkan di dalam situasi ini.

Jika dibiarkan terus menerus akan membuat nama baik organisasi menjadi tercoreng di mata publik.

Oleh karena itu, salah satu tugas humas dalam organisasi adalah mengatasi dan meredam keadaan darurat supaya tidak sampai berkembang ke arah perpecahan dalam organisasi tersebut serta mengembalikan nama baik organisasi di mata masyarakat.

2. Strategi komunikasi publik

Tugas Public Relation – Tugas humas dalam organisasi yang selanjutnya adalah menyampaikan informasi mengenai organisasi kepada stakeholder terkait dan kepada masyarakat.

Untuk dapat menerima keluhan dan menjadi tempat di mana masyarakat bisa memperoleh informasi lengkap tentang organisasi, maka setiap humas akan dilengkapi dengan contact center.

Selain itu, humas juga akan selalu berhubungan dengan media baik media cetak, televisi atau yang lainnya yang memungkinkan dapat digunakan untuk memberikan informasi tentang kondisi terkini organisasi tersebut.

3. Hubungan media

Tugas Public Relation – Bagian humas dalam sebuah organisasi harus memiliki hubungan yang baik dengan semua awak media.

Hal ini dikarenakan humas dan media akan selalu berhubungan.

Apalagi jika ada kabar terbaru mengenai perkembangan jalannya organisasi, sudah dipastikan awak media akan sangat terlibat di dalamnya.

Humas dengan media harus bekerjasama untuk menyampaikan atau menyiarkan perkembangan organisasi seluas-luasnya. Dengan begitu, menjadikan nama organisasi akan lebih dikenal oleh banyak masyarakat.

4. Sarana marketing yang handal

Tugas Public Relation – Humas juga berperan penting dalam strategi marketing sebuah organisasi.

Terutama jika organisasi tersebut bergerak di bidang produksi suatu produk, maka bagian humas sudah pasti menjadi faktor penggerak dalam meningkatkan peningkatan produk tersebut. Baca juga tentang apa itu brand awareness.

5. Menjangkau kegiatan

Tugas Public Relation – Seorang humas yang profesional terkadang juga ikut serta dalam sebuah kegiatan dengan membawa produk atau brand organisasi.

Hal tersebut pasti akan semakin memberi pengaruh positif pada nama baik organisasi.

Misalnya saja dengan menjadi sponsor suatu kegiatan sekelas olimpiade, maka akan menjadikan organisasi tersebut lebih dikenal oleh masyarakat luas.

6. Mengetahui dan mengevaluasi opini publik

Tugas Public Relation – Banyak sekali opini publik yang mengarah ke hal-hal negatif tentang organisasi, sehingga akan berdampak buruk bagi organisasi tersebut.

Dengan adanya masalah ini, maka bagian humas memiliki tugas penting sebagai pihak yang harus mengetahui isu-isu yang sedang berkembang menjadi pembicaraan terutama yang berkaitan dengan organisasi yang dikelola.

Humas harus cepat tanggap dalam mengevaluasi dan menganalisis isu-isu yang berkembang.

Oleh karena itu, bagian humas harus benar-benar yang berasal dari sumber daya manusia yang berkompeten di bidangnya.Selain itu, juga harus didukung dengan sarana dan prasarana yang mencukupi.

7. Mengelola media sosial

Tugas Public Relation – Media sosial merupakan salah satu sarana untuk humas agar bisa menjangkau lebih luas dan kompleks.

Dengan adanya teknologi dan jaringan internet akan memudahkan humas melakukan tugasnya.

Selain itu, adanya media sosial juga akan mempermudah humas berinteraksi dengan pengguna dunia maya.

Namun, ia harus menggunakan media ini secara bijak agar bisa memaksimalkan tujuan organisasi yang dikelolanya.

Itulah 7 tugas humas dalam organisasi yang perlu Anda ketahui.

Jika Anda termasuk bagian humas dalam sebuah organisasi, maka harus benar-benar memperhatikan tugas di atas supaya dapat meningkatkan organisasi yang Anda geluti.

Source : https://en.wikipedia.org/wiki/Public_relations

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.