Pengertian Analisis SWOT, Apa itu Analisis SWOT

analisis swot, analisa swot adalah, Rank for: swot adalah, analisa swot, kelemahan analisis swot, kelebihan dan kekurangan analisis swot, kekurangan analisis swot, kelebihan analisis swot, analisa kompetitor, kelemahan swot, kelebihan dan kekurangan analisis tows - 

Pengusahadunia.com –  Strategi Bisnis – Rank for: swot adalah, analisa swot, kelemahan analisis swot, kelebihan dan kekurangan analisis swot, kekurangan analisis swot, kelebihan analisis swot, analisa kompetitor, kelemahan swot, kelebihan dan kekurangan analisis tows – Pengertian analisis SWOT dan contoh analisis swot serta manfaatnya. Baca juga tentang fungsi manajemen.

Analisa SWOT adalah kependekan dari Strength, Weakness, Opportunities, Threats. Memahami manfaat analisis SWOT adalah suatu ilmu manajemen dasar yang dapat membantu menjalankan bisnis.

Menjalankan sebuah bisnis tentu membutuhkan perencanaan, sesimpel apapun rencana anda, rencana tetaplah rencana. Semakin mendetail, maka langkah-langkah yang diambil dalam bisnis akan semakin terprediksi. Pasalnya, tidak ada bisnis yang sama sekali bebas dari resiko.

Pasar itu sendiri bagaikan sebuah medan perang, membutuhkan strategi, analisa kompetitor, pemahaman kekuatan musuh, pemahaman kondisi medan pertempuran, intelektual dan langkah-langkah jitu sang jenderal perang, semuanya menjadi faktor untuk memenangkan pertarungan bisnis.

Salah satu strategi yang bisa anda terapkan dalam bisnis adalah melakukan analisa SWOT, berikut ini pengertiannya.

Pengertian Analisis SWOT

Analisis SWOT adalah merupakan suatu bentuk metode strategis di dalam manajemen yang berguna secara sistematis untuk memetakan kondisi eksisting dan melakukan perencanaan sebuah organisasi atau perusahaan.

Dalam pengertian yang lebih spesifik, SWOT adalah sebuah matriks atau bagan yang membantu menganalisa situasi dan juga kondisi yang memang dapat digambarkan atau bersifat deskriptif dari sebuah perusahaan.

Sebagaimana sebuah metode pada umumnya, analisa ini adalah metode yang membantu menganalisa situasi yang sedang dihadapi perusahaan atau organisasi sekaligus melakukan analisa kompetitor.

Setelah melakukan analisa ini , tak jarang strategi manajemen dilanjutkan ke bisnis model kanvas.

Analisis ini tidak dapat diartikan sebagai tongkat sulap yang mampu memberikan jalan keluar pada tiap masalah yang sedang dihadapi, tapi membantu memecah permasalahan yang ada dengan mengurainya menjadi bagian-bagian yang sederhana.

Manfaat Analisis SWOT

Dengan menggunakan analisis tersebut, maka penyusunan suatu rencana di dalam perusahaan dapat berjalan secara lebih maksimal. Tujuan jangka panjang dalam perusahaan pun akan bisa dicapai dengan mudah.

Manfaat juga dapat dirasakan saat melakukan analisa kompetitor. Bagi seorang pengusaha, memahami lebih jelas dan mengerti lebih jauh tentang manfaat analisis SWOT adalah salah satu hal yang sangat penting.

Manfaat analisis ini sendiri nantinya dapat dirasakan para pengusaha dalam menjalankan usahanya agar lebih maju.

Rank for: swot adalah, analisa swot, kelemahan analisis swot, kelebihan dan kekurangan analisis swot, kekurangan analisis swot, kelebihan analisis swot, analisa kompetitor, kelemahan swot, kelebihan dan kekurangan analisis tows - 

 

Cara Melakukan Analisa SWOT

Seperti yang kita ketahui, analisa SWOT memiliki beberapa komponen yang juga merupakan singkatan dari:

S = Strength (kekuatan atau keunggulan).
W = Weaknesses (kelemahan).
O = Opportunities (kesempatan atau peluang).
T = Threats (hambatan atau ancaman).

Bagaimana cara melakukan analisa SWOT? Perusahaan dapat melakukan langkah-langkah dengan mulai memetakan satu persatu seperti uraian berikut:

Strength atau kekuatan.

Dalam hal ini, setiap perusahaan diharapkan untuk dapat mencari kekuatan-kekuatan dan kelemahan-kelemahan yang dimiliki jika dibandingkan dengan para pesaingnya. Misalnya saja, perusahaan telah menemukan kekuatan yang dimiliki dalam hal teknologinya. Maka, teknologi tersebut bisa benar-benar dimanfaatkan untuk mengembangkan perusahaan.

Weakness atau kelemahan

Kondisi yang lemah pastilah pernah dialami oleh perusahaan. Di dalam kondisi yang lemah, perusahaan harus mencari terobosan agar bisa berkembang di masa yang akan datang.

Opportunity atau kesempatan.

Perusahaan juga harus menganalisis tentang kesempatan yang dimiliki. Kesempatan tersebut bisa menjadi peluang atau terobosan yang baru untuk memajukan perusahaan di masa yang akan datang.

Threats atau ancaman.

Setiap perusahaan pastilah memiliki ancaman baik dari faktor lingkungan atau pun dari faktor lainnya yang tidak menguntungkan. Hal seperti itu harus dihadapi dengan bijak. Jika ancaman tidak segera dihadapi, maka hal tersebut bisa menjadi suatu hal yang akan merobohkan perusahaan.

Kesimpulannya, ada banyak manfaat analisis SWOT bagi perusahaan.

Pertama, hasil dari analisa SWOT dapat dipergunakan untuk mengurangi kekurangan perusahaan, mengetahui kelebihan perusahaan dibanding kompetitor, bahkan untuk membantu perusahaan dalam menemukan sisi-sisinya yang kemungkinan terlupakan.

Sebagai perusahaan yang ingin maju di era sekarang, maka para pengusaha harus benar-benar mendalami apa arti dari analisa SWOT. Analisa ini sangatlah berperan dalam perusahaan atau organisasi untuk menekan dari ancaman yang harus dihadapi.

 


Empat komponen SWOT adalah :

a. Strenght (S)

Komponen Strenght dalam SWOT adalah bertujuan menganalisa kekuatan atau keunggulan situasi ataupun kondisi dari suatu organisasi atau perusahaan yang sedang terjadi.

Komponen ini lebih menitikberatkan faktor-faktor internal perusahaan itu sendiri, seperti visi, sumber daya manusia, teknologi dan sebagainya yang dibandingkan dengan kompetitor perusahaan tersebut.

b. Weaknesses (W)

Komponen Weaknesess dalam analisa SWOT adalah bertujuan menganalisa kelemahan situasi ataupun kondisi dari suatu bisnis yang dijalankan organisasi atau perusahaan.

Komponen analisis SWOT ini juga lebih menitikberatkan faktor-faktor internal perusahaan itu sendiri, seperti keterbatasan modal, sumber daya manusia yang kurang kompetitif, teknologi yang ketinggalan zaman dan sebagainya yang dibandingkan dengan kompetitor perusahaan tersebut.

c. Opportunity (O)

Komponen ini menganalisa peluang atau kesempatan yang mungkin dimiliki untuk mengembangkan bisnis perusahaan. Dengan mengetahui peluang, maka diharapkan langkah-langkah terobosan untuk memanfaatkan peluang tersebut akan bermunculan.

Komponen opportunity dalam analisa SWOT adalah merupakan komponen yang menitikberatkan faktor-faktor eksternal, seperti trend masyarakat, kebijakan pemerintah daerah, kebijakan pemerintah pusat, evolusi teknologi dan sebagainya.

d. Threats (T)

Komponen yang terakhir dari analisis SWOT adalah untuk membantu menganalisa tantangan atau ancaman yang akan dihadapi oleh suatu bisnis perusahaan ataupun organisasi.

Dengan membaca gejala-gejala ancaman bisnis yang mulai tampak, maka diharapkan kesiapan-kesiapan dalam mengambil langkah kebijakan internal perusahaan akan bermunculan.

Sebagai contoh demonstrasi sopir taksi konvensional terhadap hadirnya angkutan umum berbasis online seharusnya tidak perlu terjadi jika analisa kompetitor dilakukan jauh hari sebelumnya.


Kelebihan dan Kekurangan Analisa SWOT

Selanjutnya kita masuk ke pembahasan mengenai keunggulan serta kekurangan SWOT. Berikut ini penjabarannya menurut sumber yang kami himpun.

Kelebihan  : Fleksibel

Analisis SWOT dilakukan dengan menetapkan tujuan dan melakukan sesi brainstorming untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang menguntungkan dan tidak menguntungkan pencapaian tujuan.

Pendekatan ini tetap sama, apakah analisis tersebut digunakan untuk mendukung perencanaan strategis, analisis peluang, analisis persaingan, pengembangan usaha atau proses pengembangan produk.

Kelebihan  : Analisis Multi Level

Informasi berharga tentang peluang obyektif Anda dapat diperoleh dengan melihat masing-masing dari empat elemen analisis SWOT – kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman – secara independen atau kombinasi.

Misalnya, mengidentifikasi ancaman di lingkungan bisnis, seperti peraturan pemerintah baru mengenai desain produk atau pengenalan produk pesaing, mungkin memberi tahu pemilik bisnis bahwa investasi yang diajukan di lini produksi manufaktur baru harus dievaluasi lebih hati-hati.

Selain itu, kesadaran akan kelemahan perusahaan seperti kurangnya karyawan yang berkualifikasi membantu mempersiapkan pertimbangan untuk melakukan outsourcing fungsi tertentu.

Kelebihan  : Integrasi Data

Analisis SWOT mensyaratkan bahwa informasi kuantitatif dan kualitatif dari sejumlah sumber digabungkan.

Akses ke berbagai data dari berbagai sumber meningkatkan perencanaan dan pembuatan kebijakan tingkat perusahaan, meningkatkan pengambilan keputusan, meningkatkan komunikasi dan membantu mengkoordinasikan operasi.

Kelebihan  : Kesederhanaan

Analisis SWOT tidak memerlukan keterampilan teknis maupun pelatihan. Sebagai gantinya, bisa dilakukan oleh siapa saja yang memiliki pengetahuan tentang bisnis yang bersangkutan dan industri tempat perusahaan beroperasi.

Prosesnya melibatkan sesi brainstorming yang difasilitasi selama empat dimensi analisis SWOT. Dalam prosesnya, pengetahuan dan penilaian peserta perorangan digabungkan ke dalam penilaian kolektif yang disahkan oleh kelompok secara keseluruhan.

Dengan cara ini, pengetahuan masing-masing individu menjadi pengetahuan kelompok.

Kelebihan  : Biaya

Karena proses ini tidak memerlukan keterampilan teknis atau pelatihan, perusahaan dapat memilih anggota staf untuk melakukan analisis daripada menyewa konsultan eksternal.

Selain itu, metode ini adalah metode yang agak sederhana yang bisa dilakukan dalam waktu yang cukup singkat.


Kekurangan  : Tidak ada faktor pembobot

Analisis SWOT mengarah pada empat daftar kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman individual.

Namun, alat ini tidak memberikan mekanisme untuk memberi peringkat signifikansi satu faktor dibandingkan faktor lainnya dalam daftar apapun. Akibatnya, dampak sebenarnya satu faktor terhadap tujuan tidak dapat ditentukan.

Kekurangan  : Ambiguitas

Analisis ini menciptakan model satu dimensi di mana setiap atribut masalah dilihat sebagai kekuatan, kelemahan, peluang atau ancaman.

Akibatnya, masing-masing atribut hanya memiliki satu pengaruh terhadap masalah yang dianalisis. Namun, satu faktor bisa jadi kekuatan dan kelemahan.

Kekurangan  : Analisis Subyektif

Untuk secara signifikan mempengaruhi kinerja perusahaan, keputusan bisnis harus didasarkan pada data yang andal, relevan dan dapat dibandingkan.

Namun, pengumpulan dan analisis data memerlukan proses subjektif yang mencerminkan bias individu yang mengumpulkan data dan berpartisipasi dalam sesi brainstorming.

Selain itu, input data bisa menjadi ketinggalan jaman dengan cukup cepat.

Baca juga tentang bisnis kontrakan.


Contoh Analisis SWOT

Berikut ini adalah contoh analisis SWOT dari sebuah bisnis pet grooming atau bisnis perawatan hewan peliharaan.

Tujuan: Menciptakan rencana aksi pemasaran untuk bisnis perawatan hewan peliharaan.

Perhatikan bahwa contoh analisis ini secara khusus berfokus pada pemasaran bisnis kecil pet grooming.

Sementara analisis dapat dilakukan sebagai gambaran umum bisnis, dimana hal tersebut sangat berguna untuk mengatur perencanaan yang digunakan ketika mengambil keputusan.

Kita mulai dengan pemetaan pada bisnis pet grooming.

Contoh analisis untuk mengidentifikasi Kekuatan

  • Memiliki banyak pelanggan yang kembali (return customer).
  • Kepuasan pelanggan – pelanggan mengatakan mereka menyukai layanan dan memberi kabar positif dari mulut ke mulut dengan merekomendasikan layanan perawatan kepada orang lain
  • Mobile grooming van memiliki logo yang eye-catching dan memberikan beberapa eksposur saat melakukan layanan di tempat

Contoh analisis untuk mengidentifikasi Kelemahan

  • Tidak terlalu memperhatikan pemasaran – bergantung dari mulut ke mulut (words of mouth) dan situs web
  • Website murni bersifat informasi dan statis
  • Tidak punya rencana pemasaran yang jelas
  • Tidak memiliki banyak anggaran pemasaran

Contoh analisis untuk mengidentifikasi Peluang

  • Memanfaatkan semakin populernya hewan peliharaan khususnya anjing
  • Meningkatkan penggunaan media sosial
  • Meningkatkan jumlah walk-in traffic
  • Pet Fair tahunan lokal
  • Klub Kennel, masyarakat penyelamat, SPCA setempat

Contoh analisis untuk mengidentifikasi Ancaman

  • Bisnis perawatan hewan peliharaan lainnya di kota, persaingan semakin meningkat.
  • Terdapat kompetitor bisnis perawatan hewan peliharaan yang memiliki serangkaian iklan radio yang sedang berjalan dan juga menjalankan iklan surat kabar seminggu sekali.
  • Pesaing lain telah bermitra dengan SPCA lokal untuk menyelenggarakan hari mencuci dan perawatan anjing setiap beberapa bulan (dengan sumbangan kepada SPCA).
  • Beban iklan media terus naik.

Analisis SWOT Bisnis Perawatan Hewan Peliharaan

Karena pelanggan mengatakan bahwa mereka menyukai layanan dan bersedia merekomendasikannya, maka dapat dibuat beberapa jenis program penghargaan rekomendasi atau review terbaik untuk secara aktif mendorong rekomendasi.

Mengembangkan Program loyalitas (loyalty card / member dll) untuk pelanggan tetap.

Mencoba menambah walk-in dengan tampilan jendela van yang eye-catching.

Pertimbangkan untuk memindahkan bisnis ke lokasi yang akan mendapatkan lebih banyak kunjungan.

Mendirikan stan pameran di Pet Fair tahunan setempat.

Lihat apakah klub kennel, penyelamatan masyarakat, dll tertarik pada program kemitraan.

Tingkatkan penggunaan media sosial dan selidiki cara-cara murah dan efektif lainnya untuk mempromosikan bisnis.

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.