Pasar Persaingan Tidak Sempurna, Ini Dia Ciri-Cirinya

pasar persaingan tidak sempurna

Strategi Bisnis Pengusaha Dunia – Ciri-ciri Pasar Persaingan Tidak Sempurna, Bentuk dan Jenis Pasar Oligopi, Pasar Monopsoni, Pasar Monopoli, Pasar Oligopsoni, Pasar Monopolistik

Pasar persaingan tidak sempurna adalah salah satu jenis pasar yang memiliki jumlah penjual sedikit namun pembelinya sangat banyak. Adanya pasar ini menjadikan keuntungan tersendiri bagi para penjual, karena mereka bisa menentukan jumlah harga sehingga bisa menaikkan harga barang yang dijualnya. Pasar jenis ini merupakan kebalikan dari pasar persaingan sempurna. Namun, pasar jenis ini juga tetap memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Ciri-ciri Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Pasar persaingan tidak sempurna memiliki beberapa ciri-ciri yang di antaranya adalah sebagai berikut:

Penjual berkuasa penuh menentukan harga

Ciri-ciri pertama dari pasar persaingan tidak sempurna dan sekaligus menjadi perbedaan dari pasar persaingan sempurna adalah bahwa penjual berhak menentukan harga barang yang dijualnya. Jika harga barang pada pasar persaingan sempurna ditentukan oleh mekanisme pasar melalui jumlah permintaan dan penawaran, maka hal ini tidak berlaku pada jenis pasar yang satu ini, karena harga barang dapat ditentukan oleh penjual itu sendiri yang jumlahnya sedikit.

Sedikit penjual dan banyak pembeli

Ciri selanjutnya yaitu sedikit penjual dan banyak pembeli. Pasar ini memiliki jumlah penjual sangat sedikit bahkan ada juga pasar yang hanya memiliki satu penjual saja. Namun berbanding terbalik dengan jumlah pembelinya, karena memiliki jumlah pembeli yang sangat banyak.

Tidak ada barang pengganti

Barang yang dijual di pasar ini merupakan produk khusus yang sangat susah untuk dicari penggantinya atau barang subsidi di tempat lain. Dengan begitu, mau tidak mau pembeli harus membeli barang tersebut di pasar ini jika ingin mendapatkannya.

Penjual baru sulit masuk dan bersaing

Jika ada penjual baru yang ingin masuk, maka mereka akan susah untuk melakukannya. Hal ini disebabkan, karena penjual yang sebelumnya sudah banyak dikenal dan bisa saja mereka bekerja sama untuk menghancurkan penjual pendatang baru tersebut supaya persaingannya berkurang.

Barang yang dijual sejenis

Ciri terakhir dari pasar jenis ini adalah barang yang dijual di pasar ini bersifat homogen atau sejenis.

Bentuk Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Ada beberapa bentuk dari pasar jenis ini dilihat dari jumlah penjual dan jumlah pembeli yaitu pasar oligopoli, pasar monopoli, pasar monopsony, pasar oligopsoni dan pasar monopolistis. Berikut ini merupakan penjelasan dari masing-masing bentuk pasar tersebut,

Pasar Oligopoli

Pasar Oligopoli adalah pasar di mana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan.

Oligopoli diambil dari kata oligo yang memiliki arti beberapa dan poli yang berarti penjual. Dengan kata lain, pasar Oligopoli yaitu pasar dikuasai oleh beberapa penjual. Namun jika pasar tersebut hanya dikuasai oleh dua penjual saja, maka disebut sebagai pasar duopoli.

Pasar Monopoli

Pasar monopoli adalah suatu bentuk pasar di mana hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar. Penentu harga pada pasar ini adalah seorang penjual atau sering disebut sebagai “monopolis”. – wikipedia

Monopoli diambil dari bahasa Yunani yaitu mono yang artinya satu serta poli yang artinya penjual. Dengan begitu, dapat disimpulkan bahwa pasar monopoli yaitu pasar yang dikuasai oleh satu perusahaan atau satu penjual saja. Sehingga tidak mengherankan jika dalam pasar ini penjual memiliki kebebasan untuk mengubah kondisi dan situasi pasar terutama dalam masalah menurunkan dan menaikkan harga barang.

Pasar Monopsoni

Monopsoni, adalah keadaan di mana satu pelaku usaha menguasai penerimaan pasokan atau menjadi pembeli tunggal atas barang dan/atau jasa dalam suatu pasar komoditas. – wikipedia

Pengertian dari pasar Monopsoni yaitu pasar yang sepenuhnya dikuasai oleh pembeli. Pasar ini memiliki jumlah penjual yang banyak, namun hanya memiliki satu pembeli saja. Sebagai contoh yaitu pasar sayuran yang ada di daerah terpencil yang umumnya akan merasa kesulitan dalam menjual barang dagangannya ke tempat lain. Oleh karena itu, penjual di sana terpaksa menjualnya ke pedagang atau pengepul yang ada di daerah tersebut. Dengan demikian pedagang atau pengepul itu menguasai pembelian sayuran di daerah tersebut.

Pasar Oligopsoni

Oligopsoni, adalah keadaan di mana dua atau lebih pelaku usaha menguasai penerimaan pasokan atau menjadi pembeli tunggal atas barang dan/atau jasa dalam suatu pasar komoditas. – wikipedia

Pasar Oligsoni merupakan pasar yang dikuasai oleh beberapa orang pembeli. Tak heran jika di dalam pasar ini memiliki jumlah penjual yang banyak, namun hanya memiliki beberapa pembeli. Sebagai contoh pasar wortel yang ada di suatu daerah. Di daerah ini para petani wortel bisa menjual hasil panennya ke beberapa pedagang di daerah tersebut untuk dijual lagi di kota.

Pasar Monopolistik

Pasar Monopolistik merupakan salah satu bentuk pasar antara pasar monopoli dengan pasar persaingan sempurna. Disebut seperti pasar Monopoli karena setiap perusahaan di pasar ini memiliki kekuasaan monopoli walaupun jumlahnya kecil yaitu hanya sebatas pada barang yang dijual atau diproduksinya.

Sedangkan disebut seperti pasar persaingan sempurna karena memiliki jumlah penjual yang hampir sama dengan pasar persaingan sempurna. Contoh dari pasar Monopilistik yaitu pasar sepatu, pasar pakaian, pasar boneka, pasar majalah, pasar tas dan masih banyak lagi yang lainnya.

Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian, ciri-ciri dan bentuk dari pasar persaingan tidak sempurna. Semoga dengan penjelasan tersebut bisa menambah informasi untuk Anda, sehingga bisa dijadikan referensi jika suatu saat membutuhkan.

 

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.