Fungsi Manajemen Menurut Para Ahli

pengertian manajemen menurut para ahli - Fungsi Manajemen Menurut Para Ahli https://kupasbisnis.com/

Strategi Bisnis Pengusaha Dunia – Mengenal Pengertian Manajemen dan Fungsi Manajemen Menurut Para Ahli.

Kita pasti sudah tak asing dengan istilah manajemen. Manajemen sendiri dapat pula diartikan sebagai proses mengatur atau mengelola.

Jika Anda pernah mempelajari ilmu ekonomi di sekolah atau di kampus, bab mengenai manajemen pasti ada di sana.

Manajemen ini termasuk ilmu yang penting karena dalam kehidupan sehari-hari pun kita menggunakan konsep manajemen untuk mengatur berbagai hal.

Sebagai contoh kasus yang bisa diambil adalah dalam bidang keuangan. Tak hanya pengelolaan keuangan di kantor atau perusahaan yang perlu diatur dengan baik.

Pengelolaan keuangan pribadi pun kita harus bisa mengaturnya agar tidak terjadi pemborosan.

Tanpa adanya manajemen keuangan yang baik, akan timbul masalah keuangan yang pengeluarannya tidak dapat berjalan sesuai dengan planning atau rencana.

Untuk itu, ilmu dan fungsi manajemen menurut para ahli ini perlu dipelajari dan dipahami dengan baik agar dapat kita implementasikan setidaknya dalam kehidupan sehari-hari kita.

Apa Saja Fungsi Manajemen Menurut Para Ahli ?

Sebelum mempelajari lebih dalam tentang ilmu manajemen, ada baiknya kita mengetahui apa saja fungsi manajemen menurut para ahli.

Para ahli yang sudah mahir dalam bidang manajemen ini mengemukakan beberapa fungsi manajemen berdasarkan pemikiran dan pentingnya manajemen dalam kehidupan.

Fungsi manajemen ini merupakan elemen-elemen paling dasar yang akan selalu ada seiring dengan berjalannya proses manajemen itu sendiri.

Elemen-elemen inilah yang akan dijadikan sebagai acuan oleh para petinggi perusahaan dalam menjalankan perusahaannya untuk bisa mencapai tujuan.

Dan berikut ini adalah fungsi manajemen / pengertian manajemen menurut para ahli :

1. George R. Terry dalam ‘Principles of Management’ tahun 1990 mengemukakan bahwa

fungsi manajemen itu terbagi menjadi planning, organizing, controlling, dan activating.

2. Dalton E.M.C dalam ‘Management Principles and Management’tahun 1990 mengemukakan bahwa

fungsi manajemen terbagi menjadi planning, organizing, dan controlling.

3. H. Koontz dan O’Donnel dalam ‘The Pronciples of Management’ pada tahun 1991 juga mengemukakan bahwa

fungsi dari manajemen itu terbagi menjadi planning, organizing, staffing, controlling, dan directing.

4. Henry Fayol mengemukakan bahwa

fungsi manajemen itu terbagi atas planning, organizing, commanding, coordinating dan controlling.

5. Luther Gullick mengemukakan bahwa

manajemen memiliki beberapa fungsi yaitu planning, organizing, staffing, directing, coordinating, reporting, dan controlling.

6. Ernest Dale menyebutkan bahwa

fungsi manajemen itu adalah planning, organizing, staffing, directing, innovating, representing, dan controlling.

7. Lyndall Urwick& Luther Gullick menyampaikan bahwa

fungsi manajemen terdiri dari planning, organizing, commanding, coordinating, dan controlling.

8. Sedangkan Dr. Winardi, S.E mengemukakan bahwa fungsi manajemen terbagi menjadi planning, organizing, coordinating, actuating, leading, communication, dan controlling.

Nah, berdasarkan dari fungsi manajemen menurut para ahli di atas, kita dapat menguraikan fungsi manajemen sebagai berikut :

1. Planning (Perencanaan)

Fungsi manajemen yang pertama adalah perencanaan. Planning ini merupakan sesuatu yang disusun perencanaannya mengenai apa saja yang ingin dicapai.

Yang selanjutnya planning ini dapat menjadi sebuah pedoman yang berisi tentang inti atau garis besar tentang sesuatu yang ingin dicapai tujuannya.

Planning merupakan langkah awal sebagai persiapan, berupa kerangka-kerangka atau langkah-langkah sebuah tindakan untuk melaksanakan suatu pekerjaan.

2. Organizing (Pengorganisasian)

Fungsi yang kedua adalah organizing. Organizing ini merupakan sebuah proses pembagian tugas atau pekerjaan ke dalam aspek yang lebih kecil.

Pembagian tugas tersebut harus disesuaikan dengan kemampuan masing-masing individu.

Harus dilihat pula pengalokasian sumber daya manusianya sehingga proses pengkoordinasiannya dapat berjalan dengan efektif.

3. Staffing (Pengisian Jabatan)

Fungsi Manajemen Menurut Para Ahli selanjutnya adalah staffing. Fungsi yang satu ini merupakan suatu kegiatan dalam rangka untuk mendapatkan sumber daya manusia secara efektif dan efisien.

Sumber daya manusia tersebut akan ditempatkan pada posisi-posisi kosong yang memang dibutuhkan oleh perusahaan.

Tujuannya adalah agar setiap tugas dari posisi- posisi yang ada dalam sebuah perusahaan tersebut dapat terlaksana dengan baik sehingga perusahaan pun dapat dengan cepat mencapai tujuannya.

4. Actuating (Penggerakan)

Fungsi manajemen menurut para ahli yang bisa kita jabarkan selanjutnya adalah actuating. Fungsi ini memiliki pengertian bahwa semua anggota karyawan akan ditempatkan pada sebuah kelompok tertentu agar bisa bekerja secara optimal.

Tujuannya adalah agar semua anggotanya dapat secara sadar bekerja untuk bisa mencapai tujuan yang telah ditetapkan dan disepakati oleh perusahaan.

5. Directing (Pengarahan)

Fungsi lainnya adalah directing atau pengarahan. Manajemen memiliki fungsi untuk bisa mengarahkan seluruh sumber daya yang ada di perusahaan untuk dapat bekerja sama secara maksimal untuk mencapai tujuan tertentu.

Di sisi lain, directing ini diperlukan untuk bisa menjalankan planning yang telah disusun agar bisa berjalan dengan seimbang.

6. Controlling (Pengendalian)

Fungsi terakhir yang dapat kita uraikan adalah controlling.Fungsi ini merupakan salah satu fungsi penting dalam manajemen. Karena dalam fungsi ini akan membantu manajemen untuk memberikan koreksi atas tindakan yang telah dilakukan.

Selain itu, dengan adanya pengendalian juga akan membantu manajemen untuk mengambil keputusan setelah koreksi dilakukan, agar tindakan selanjutnya dapat dilakukan dengan lebih baik sesuai dengan planning.

Itulah beberapa fungsi – fungsi manajemen / pengertian manajemen menurut para ahli yang bisa kita ambil ilmunya. Sekali lagi, manajemen merupakan ilmu yang penting untuk dikenali, dipahami, serta diimplementasikan.

Terutama bagi Anda yang memiliki perusahaan dengan tujuan tertentu yang ingin dicapai. Baca juga tentang strategi bisnis lainnya.

Source: https://id.wikipedia.org/wiki/Manajemen

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.