Cara Membuat NPWP Online, Simak Syaratnya

cara membuat npwp online

Dunia Kerja – Pengusaha Dunia – Cara Membuat NPWP Online – Cara Pembuatan NPWP Perorangan dan Badan Usaha Secara Online – Cara Membuat NPWP Perusahaan

Membayar pajak adalah kewajiban bagi seluruh rakyat Indonesia yang sudah memenuhi persyaratan. NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak adalah serangkaian nomor seri yang digunakan oleh kantor pajak dalam mengidentifikasi para wajib pajak (orang pribadi perorangan dan badan usaha).

NPWP diterbitkan oleh Direktorat Wajib Pajak dalam bentuk kartu tanda pengenal yang diperlukan sebagai syarat untuk melakukan e-Filing dan transaksi perpajakan lainnya.

Demi kemudahan pembuatan NPWP, maka pemerintah membuat layanan penerbitan NPWP online. Berikut ini syarat dan cara membuat NPWP perorangan secara online yang bisa Anda ikuti dengan mudah.

Baca juga : Cara membuat surat izin suami

Cara Membuat NPWP Online

Pembuatan NPWP memang bisa dilakukan secara manual dengan mendatangi kantor pajak ataupun secara online.

Bagi Anda yang memiliki kesibukan atau sedang berada di lokasi yang jauh dari tempat tinggal Anda, Anda bisa mengikuti panduan di artikel cara membuat NPWP online ini.

Namun sebelum mengurus NPWP secara online ini, Anda perlu menyiapkan beberapa berkas kelengkapan, berikut ini berkas-berkas sebagai syarat membuat NPWP online:

  • KTP,
  • surat keterangan usaha,
  • surat keterangan kerja untuk karyawan dan SK untuk PNS.

Semua dokumen tersebut discan.

Setelah berkas kelengkapan membuat NPWP online tersebut lengkap, selanjutnya ikuti langkah-langkah cara membuat NPWP online berikut ini:

1. Buka website ereg.pajak.go.id untuk membuat akun

2. Cek email untuk melihat pop up notifikasi email verifikasi

3. Klik link verifikasi pada email

4. Isi data Anda pada laman formulir yang tersedia

5. Setelah semua kolom formulir di isi, klik Daftar

6. Notifikasi daftar akan dikirim ke email Anda. Pada tahap ini Anda sudah bisa langsung aktivasi melalui email.

7. Klik link aktivasi untuk diarahkan ke laman login

8. Login menggunakan akun yang sudah Anda buat

9. Isi formulir dan selesaikan 9 tahap pengisian data.

Pada saat mengisi tiap tahapan, Anda akan diminta untuk mengisi form yang berisi tentang alamat tempat tinggal yang sesuai dengan alamat yang sekarang Anda tempati.

Meskipun alamat sekarang tidak sesuai dengan KTP, tetap pakai alamat yang sekarang dan bukan alamat yang tertera di KTP.

10. Klik ikon Cari untuk menemukan Kode Wilayah. Setelah menemukan kode wilayah, klik Pilih.

11. Unggah gambar scan kelengkapan administrasi yang sebelumnya telah Anda persiapkan setelah pengisian formulir tahap 1 sampai 7 selesai diisi.

12. Tahap 9 atau terakhir adalah memastikan bahwa data yang Anda submit benar dan sudah lengkap, setelah itu klik Simpan.

13. Klik tombol Minta Token, kemudian Kirim Permohonan.

14. Masukkan kode token yang sudah Anda dapatkan melalui email untuk melihat pop up Surat Pernyataan Memperoleh Informasi Perpajakan.

15. Klik Kirim dan Anda akan memiliki notifikasi yang memberitahukan bahwa Anda telah sukses melakukan permohonan NPWP online.

 

Demikianlah urutan tata cara membuat NPWP online untuk perseorangan maupun NPWP badan usaha.

Selanjutnya Anda tinggal menunggu petugas POS akan mengantarkan kartu NPWP.

Maksimal jangka waktu pengiriman adalah 14 hari. Jika dalam waktu 14 hari kartu belum sampai, maka segeralah bertanya ke kantor pajak.

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.