Brownies Amanda, Brandstory Sang Pionir Brownies Kukus

brownies amanda, amanda brownies

Startup dan Enterprise Pengusaha Dunia – Siapa yang belum pernah mencoba Brownies Amanda? Wah kalau belum pernah, kalian harus coba rasa dari brand yang merupakan pionir di brownies kukus. Kini ratusan outlet Amanda Brownies sudah tersebar di seluruh Indonesia, terutama Pulau Jawa.

Berawal di Kota Bandung yang memang dirancang sebagai kawasan komersil untuk berbisnis sehingga tak heran jika banyak dihuni oleh faktori outlet, distro, mall, cafe, restoran dan hotel.

Atmosfir Bandung yang kreatif, yang “jualan banget”, dimanfaatkan para pelaku bisnis untuk masuk ke dalam segmentasi ini. Begitu juga dengan brand Amanda Brownies.

Inovasi Keunikan Varian Rasa Brownies Amanda

Brownies Original adalah sang legenda brownies kukus dengan rasa bolu yang legit dan sensasi coklat lezat yang dijual seharga 46 ribu rupiah.

Selain original, untuk soal varian rasa, Brownies Amanda menghadirkan berbagai pilihan dengan bahan-bahan unik seperti:

Brownies Amanda Banana Bizz. Diolah dari pisang pilihan berkualitas yang dipadukan dengan olahan brownies kukus coklat yang legit sehingga memiliki cita rasa yang sangat unik dan dijual di kisaran 52 ribu rupiah.

Brownies Amanda Blueberyy. Perpaduan antara brownies kukus original dengan olahan brownies kukus yang di mix dengan blueberry pilihan terbaik dan dijual di kisaran 55 ribu rupiah.

Selain itu ada berbagai varian lain yang tak kalah unik dan terdengar “cute” atau “lucu bingit” seperti:

  • Brownies Amanda Cheese Cream
  • Brownies Amanda Choco Marble
  • Brownies Amanda Pink Marble
  • Brownies Amanda Sarikaya Pandan
  • Brownies Amanda Tiramisu Marble
  • Brownies Amanda Strawberry Cheese
  • Brownies Amanda Lemon Cheese
  • Brownies Amanda Green Tea and Cheese

Pemilihan bahan-bahan serta penamaan produk tampaknya benar-benar dirancang untuk mampu menjangkau target konsumen anak muda yang gemar mencoba hal-hal baru.

Manajemen Branding Brownies Amanda

Kisahnya diawali pasca krisis moneter 98, usaha ini berawal dari nama bolu cokelat yang dijajakan ke kerabat dan tetangga, ternyata kehadiran bolu cokelat ini cukup mendapat respon yang baik.

Menyikapi titik terang usaha bolu cokelat tersebut, akhirnya perancangan identitas dilakukan. Di sinilah brand identity berperan agar sebuah produk menjadi mudah dikenali pelanggan dan calon pembelinya.

Nama Amanda dipilih sebagai nama brand. Sudah pasti yang pertama kali mendengar akan mengira bahwa ini adalah brownies yang dibuat oleh Amanda, padahal bukan.

Menurut ibu Sumiwiludjeng (sang pembuat), Amanda disini sarat makna, yakni singkatan dari Anak Menantu Damai. Nama itu mencerminkan keharmonisan karena Amanda dibangun oleh anak dan menantu.

Your brand is your story, di sinilah storytelling tentang dibalik pemilihan nama Amanda tampaknya membantu brand awareness.

Saat masih ramainya brownies yang diolah dengan cara oven atau dibakar, Brownies Amanda melakukan positioning pada brownies kukus.

Brownies kukus Amanda akhirnya mulai dikenal masyarakat luas. Meminjam istilah saat ini, pendatang baru ini “viral” menjadi salah satu jajanan favorit di Kota Bandung dan selalu ramai di akhir pekan.

Melejitnya penjualan dan permintaan pasar membuat brand ini sempat kewalahan memenuhi permintaan konsumen dan berdampak pada keluhan di media massa.

Tidak banyak informasi darimana modal berasal, akan tetapi akhirnya manajemen Amanda Brownies di tahun 2004 memutuskan untuk menambah lahan bagi keperluan produksi. Selain itu manajemen juga melakukan rekrutmen karyawan dengan SOP yang diterapkan sekaligus bersama pelatihannya.

Perjalanan ini adalah salah satu contoh bagaimana sebuah usaha yang berstatus UKM tidak membuat brand ini meninggalkan sisi profesionalismenya. Dengan manajemen branding yang baik, terbukti sebuah UKM mampu menjadi market leader.

Prestasi dan Penghargaan Amanda Brownies

Brand Amanda Brownies dikelola dengan baik jika melihat pencapaian prestasinya. Tak berlebihan jika menyebut Brownies Amanda adalah market leader di pasar kue, jajanan, dan oleh-oleh.

Dalam perjalanannya brand ini telah menyabet sejumlah penghargaan. Berikut prestasi yang dicapai oleh brand Amanda Brownies:

Top Brand 2015
Amanda Brownies memperoleh penghargaan untuk kali keempat dari Top Brand.

Top Brand 2014
Amanda Brownies memperoleh penghargaan untuk kali ketiga dari Top Brand.

Marketer 2013
Amanda Brownies memperoleh penghargaan dari Majalah Marketing.

Top Brand 2013
Amanda Brownies memperoleh penghargaan untuk kali kedua dari Top Brand.

Top Brand 2012
Amanda Brownies memperoleh penghargaan dari Top Brand.

Rekor Bisnis (ReBi) 2012
Amanda Brownies memperoleh penghargaan dari Rekor Bisnis 2012 Kategori Pelopor dan Produsen Brownies Kukus terbesar di Indoneisa.

PR Award 2012
Amanda Brownies memperoleh penghargaan dari PR Award 2012 Kategori Industri Kreatif.

REKOR DUNIA 2011
Amanda Brownies memperoleh Piagam Penghargaan Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) atas rekor penyelenggara mendesain batik dengan peserta terbanyak di semarang pada tahun 2011.

REKOR INDONESIA 2011
Amanda Brownies memperoleh piagam penghargaan Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) atas rekor pemrakarsa Menghias Scraf dengan Peserta Terbanyak di Semarang pada tahun 2011.

CSR Award 2011
CSR Award adalah penghargaan bagi perusahaan yang memiliki intensitas tinggi dalam pelaksanaan kegiatan CSR yang diselenggarakan oleh Harian Seputar Indonesia.

PR Award 2011
PR award merupakan penghargaan untuk perusahaan yang memberikan banyak kontribusi terhadap masyarakat sekitar khususnya kota Bandung.

Penghargaan ini  diselenggarakan oleh Harian Pikiran rakyat dalam rangka ulang tahunya yang ke-54.

Kala itu Amanda Brownies menjadi salah satu Finalis dalam kategori perusahaan terbaik se – Kota Bandung.

Bogasari EXPO 2010
UKM terlaris dan terfavorit dan masuk menjadi salah satu dari 200 ikon bandung (Pikiran Rakyat).

Bogasari EXPO 2009
Dalam ajang Bogasari expo 2009 yang diikuti oleh kurang lebih 100 unit mitra bogasari. Kala itu Amanda Brownies meraih penghargaan UKM terlaris dan terfavorit selama 2 tahun berturut – turut. Acara ini diselenggarakan di Jakarta setiap tahunnya.

STEMBI Business Award 2008
Amanda Brownies mendapatkan penghargaan dari STEMBI dalam kategori oleh-oleh terfavorit pada tahun 2008.

Gubernur Jawa Barat 2008
Amanda Brownies dianugrahi penghargaan yang kedua kalinya pada tahun 2008 dengan dinobatkan sebagai salah satu perusahaan yang responsif atas kenaikan harga BBM.

Perusahaan mengambil kebijakan memberikan kenaikan upah serta kesejahteraan terhadap pekerja di Jawa Barat.

Gubernur Jawa Barat 2007
Amanda Brownies mendapatkan penghargaan dari Gubernur Jawa Barat sebagai element masyarakat yang berprestasi pada bidang kepariwisataan dengan kategori penggerak pariwisata Jawa Barat.

STEMBI Business Award 2007
Amanda Brownies mendapatkan penghargaan dari STEMBI dalam kategori “Most Favourite Souveneer”

Dji Sam Soe Award 2006
Dji Sam Soe Award 2006 adalah ajang penghargaan UKM yang diadakan oleh PT.HM Sampoerna bekerjasama dengan PT Tempo Inti Media Tbk. Dalam ajang ini, Amanda Brownies menjadi salah satu finalis kategori UKM terbaik.

sumber

Anda mungkin terbiasa membaca cepat, lalu langsung ke paragraf ini, saya sarankan untuk membaca perlahan sekali lagi penjelasan dari pencapaian Brownies Amanda di atas.

Jika sudah, maka Anda mungkin akan memahami bagaimana manajemen branding yang dilakukan Brownies Amanda yang bukan sekedar jualan brownies.

Amanda Brownies menterjemahkan brandnya bukan sekedar produk tapi lebih seperti manusia yang responsif terhadap isu sekitar.

Inovasi dalam mengelola produk dibarengi dengan penceburan diri Brand Amanda Brownies ke tengah masyarakat.

Amanda Brownies kerap melakukan kegiatan donor darah, berpartisipasi dalam bantuan saat bencana alam, hingga program seperti pembuatan kaki palsu untuk penyandang difabel.

Tidak itu saja, Amanda Brownies juga pernah melakukan strategi pemasaran yang “Indonesia banget” seperti program beli brownies , umroh gratis.

Strategi Bisnis Brand Brownies Kukus Amanda

Membaca hasil wawancara yang dilakukan media marketing.co.id terhadap salah satu anak ibu Sumiwiludjeng, setiap akhir tahun Amanda Brownies memang selalu menyusun strategi yang akan diterapkan di tahun yang akan berjalan.

Perusahaan juga mengakui bahwa mereka fokus terhadap differensiasi terhadap kompetitor serupa.

Pada dasarnya ada empat fokus manajemen brand Amanda Brownies, baik itu bersifat internal ke perusahaannya sendiri maupun eksternal, karena bagaimanapun kedua hal tersebut haruslah berjalan seimbang.

Keempat fokus yang dimaksud antara lain:

Pertama, tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance).

Kedua, pola komunikasi dan advertising.

Ketiga, peningkatan coverage. Coverage menjadi agenda penting mengingat visi Brownies Amanda untuk menjadi leader di nasional dan ekspansi ke internasional.

Keempat, program “Smart Service”. Service atau pelayanan sebenarnya bukahlah isu baru, Amanda Brownies secara terus menerus meningkatkan pelayanan. Added value brand ini dari sekadar “service” berubah menjadi “care”.

Karena bagaimanapun service di outlet-outlet Brownies Amanda sebagai ujung tombak pemasaran haruslah sangat diperhatikan guna menciptakan customer satisfaction.

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.