Apa itu Brand Positioning, Cara Menentukan Posisi Merek

apa itu brand positioning adalah

Strategi Bisnis Pengusaha Dunia – Apa itu Brand Positioning, Penentuan Posisi Merek – Jika Anda seorang pemasar atau pengusaha, Anda mungkin sudah mendengar bahwa pemosisian merek atau brand positioning adalah hal yang penting untuk bisnis Anda. Tetapi jika Anda merasa konsep ini masih terlalu abstrak dan tidak jelas, maka artikel ini untuk Anda!

Mari kita coba mendefinisikan konsep apa itu brand positioning dengan kata-kata sederhana dan untuk menunjukkan kepada Anda bagaimana menggunakannya untuk menciptakan merek / brand yang kuat.

Apa itu Brand Positioning – Penentuan posisi merek – definisi brand positioning

Kami coba jelaskan beberapa definisi jargon atau definisi istilah branding yang kerap dipakai para praktisi atau konsultan brand dalam satu pemaparan singkat berikut ini.

Guru besar pemasaran P.Kotler telah lama mendefinisikan penentuan posisi merek atau apa itu brand positioning. Menurut Kotler, penentuan posisi merek atau brand positioning adalah

“tindakan merancang (designing) penawaran dan citra perusahaan (company’s offering and image) untuk menempati tempat khusus di benak target pasar”.

Dengan kata lain, brand positioning adalah sebuah kondisi yang menggambarkan bagaimana sebuah brand berbeda dari para pesaingnya dan di mana, atau bagaimana, brand tersebut berada di benak pelanggan.

Dari sini Anda dibawa untuk memahami bahwa istilah positioning selalu berhubungan erat dengan istilah marketing lainnya yaitu diferensiasi produk atau Product Differentiation.

Oleh karena itu, strategi pemosisian merek melibatkan pembentukan asosiasi merek di benak pelanggan atau dikenal dengan istilah brand associations untuk membuat audiens Anda mempersepsikan merek Anda dengan cara tertentu.

Bagaimana, sudah mulai paham kan apa itu brand positioning?

Mengapa posisi merek atau brand positioning adalah hal yang penting untuk bisnis Anda?

Dengan membentuk preferensi konsumen, strategi brand positioning secara langsung terkait dengan kesetiaan konsumen, ekuitas brand berbasis konsumen dan kesediaan untuk membeli brand tersebut.

Pemosisian merek yang efektif dapat disebut sebagai sejauh mana suatu merek dianggap sebagai sesuatu yang menguntungkan (favorable), berbeda (different) dan dapat dipercaya (credible) di benak konsumen.

Jika Anda dapat merumuskan atau menemukan diferensiasi produk Anda dengan tepat, maka langkah selanjutnya seperti perancangan brand awareness dan kegiatan branding lainnya dapat lebih fokus.

Bagaimana menemukan positioning merek yang kuat ?

Setelah mengetahui apa itu brand positioning, berikut ini adalah tiga langkah sederhana untuk membangun positioning merek yang kuat bagi bisnis Anda.

Langkah 1 menemukan posisi merek :

Untuk membuat brand positioning yang unik dan sukses untuk merek Anda, Anda perlu menganalisis hal-hal berikut:

  • Pahami apa yang diinginkan konsumen Anda
  • Pahami apa kemampuan perusahaan dan merek Anda
  • Pahami bagaimana masing-masing pesaing memposisikan merek mereka

apa itu brand positioning , pemosisian merek, posisi merek, diferensiasi produk

Langkah 2 menemukan posisi merek :

Setelah Anda selesai melakukannya, berhubungan dengan langkah pertama, Anda perlu memilih pernyataan posisi merek Anda atau positioning statement dengan kriteria yang:

  • Dapat beresonansi atau berdampak pada konsumen Anda
  • Dapat dipenuhi oleh perusahaan Anda (fokus bisnis barang atau jasa)
  • Dapat berbeda dengan pesaing Anda

Cara mudah untuk menentukan pernyataan pemosisian merek adalah merangkumnya menjadi tiga kata yang akan menjadi DNA brand Anda. Misalnya, “vegan, tradisional & feminin”. Cobalah untuk tidak memilih kata-kata umum seperti “kualitas-produk, unik, sukses” karena ini adalah tujuan dari setiap merek.

Langkah 3 menemukan posisi merek :

Tantangan yang tersisa adalah untuk kemudian mencerminkan positioning merek tersebut dalam segala hal yang Anda lakukan.

apa itu brand positioning, brand personality, brand execution

Hal ini mencakup kepribadian merek atau brand personality, desain kemasan, produk, layanan, brand identity design, konten visual seperti infografis atau segala bentuk komunikasi lainnya.

Ikigai

Di awal artikel kami bicara apa itu brand positioning dan bagaimana menerjemahkan brand positioning yang abstrak tersebut menjadi lebih sederhana dan praktikal, sekarang kami lempar kembali sesuatu hal yang abstrak kepada Anda para pembaca.

Menemukan posisi merek tak ubahnya pribadi manusia yang mencari sweet spot-nya. Jauh sebelum Barat berdialektika dan mengajukan istilah-istilah branding dan marketing seperti brand personality di atas, masyarakat Jepang sudah memaknainya dengan konsep ikigai.

Bahkan tidak ada padanan kata yang tepat untuk menerjemahkan kata ikigai. A reason for being, kompleksitasnya melebihi diagram di atas.

ikigai purpose life and business, apa itu brand positioning

Konsep ikigai kurang lebih sama-sama bisa diterapkan dalam membangun bisnis Anda. Pada dasarnya, ikigai adalah alasan mengapa Anda bangun di pagi hari, serupa juga dengan alasan mengapa Anda membangun bisnis Anda?

Mudah menganggap Steve Jobs sebagai raksasa teknologi, tetapi itu tidak akurat. Jobs adalah pencinta fine craftsmanship. Apple dan Pixar adalah medium yang digunakan Steve Jobs untuk mengekspresikan dirinya dalam bentuk bisnis.

Have you discovered your ikigai? Tuliskan komentar anda.

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.