Apa Itu Brand Awareness dan Cara Membangunnya

apa itu brand awareness dan bagaimana cara membangun brand awareness yang efektif

Strategi Bisnis Pengusaha Dunia – Brand Awareness adalah salah satu poin penting dalam membangun merek. Apa Itu Brand Awareness Dan Bagaimana Cara Membangun Brand Awareness yang efektif.

Apa itu brand awareness? Mungkin sebagian dari Anda masih belum familiar dengan istilah ini. Brand awareness ini merupakan salah satu hal penting untuk menjalankan suatu bisnis karena tujuan utamanya adalah mengundang konsumen untuk membeli produk dari bisnis Anda.

Apa itu brand awareness? Brand awareness adalah sebuah kemampuan dari para konsumen untuk mengetahui suatu merek tertentu.

Misalnya seperti namanya, gambar atau logo, dan juga jargon-jargon yang digunakan oleh brand tersebut dalam hal mempromosikan produk mereka.

Baca juga tentang Pembajakan Merek.

Kemampuan konsumen ini dalam mengenal dan mengingat gambar atau logo, dan juga jargon-jargon brand tersebut akan mempengaruhi tindakannya untuk membeli produk-produk dari brand tersebut.

Orang-orang akan lebih memilih untuk membeli barang yang sudah mereka kenali dan percayai mereknya.

Di sisi lain, ketika para konsumen merasa puas dengan brand yang Anda miliki, maka kemungkinan besar mereka akan turut mempromosikan dan merekomendasikan brand Anda kepada orang lain. Hal ini tentunya akan sangat membantu perkembangan bisnis Anda.

Brand Awareness adalah Mutlak Khususnya untuk Produk Baru

Untuk target audiens yang baru ataupun produk yang benar-benar baru diluncurkan, tentu saja brand awareness adalah aktifitas yang jauh lebih mutlak dibutuhkan.

Yang penting juga diingat adalah segala strategi bisnis anda di tahap ini harus memiliki stoping power dan mencuri perhatian audiens. Hal ini menyangkut tentang tahap-tahap dari hirarki brand awareness itu sendiri.

apa itu brand awareness, brand awareness adalah

Tahap-tahap tersebut secara sederhana kita sebut saja dengan know, like dan trust. Bagaimana cara audiens mengetahui produk Anda, bagaimana agar audiens menyukai produk Anda, bagaimana akhirnya audiens percaya kepada brand Anda.

Nah, untuk mengetahui selengkapnya tentang apa itu brand awareness, di bawah ini akan kami jelaskan beberapa cara untuk membangun brand awareness. Untuk itu, yuk kita simak sama-sama penjelasannya.

Apa Itu Brand Awareness dan Cara Membangun Brand Awareness yang Efektif

Ada beberapa cara untuk membangun apa itu brand awareness. Teknik dan strategi ini penting untuk Anda ketahui sebagai langkah lanjut dalam memahami apa itu brand awareness. Cara-caranya adalah sebagai berikut :

Dengan Memanfaatkan Sosial Media

Tak dapat dipungkiri lagi bahwa saat ini sosial media merupakan salah satu hal yang penting dan menjadi kebutuhan masyarakat.

Dengan perkembangan sosial media yang terus menunjukkan peningkatan, hal ini menjadi bagian penting dari pemasaran suatu brand.

Melalui media sosial ini, sebuah brand tertentu bisa melakukan interaksi secara langsung dengan para konsumennya.

Anda bisa menciptakan sebuah brand experience yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan para konsumen, sekaligus melibatkan mereka untuk turut menjadi bagian dari brand naratif Anda.

Ini merupakan kesempatan yang bagus. Karena hal ini bisa membantu untuk dapat meningkatkan rasa kepercayaan para konsumen terhadap brand Anda.

Selain itu, dengan menggunakan media sosial ini Anda dapat mengetahui bagaimana reaksi dan feedback dari para konsumen terhadap brand Anda.

Dalam penggunaannya, Anda juga perlu memperhatikan beberapa poin untuk dapat menyusun strategi secara tepat sasaran.

Pastikan bahwa akun sosial media dari bisnis Anda selalu aktif.

Itu berarti Anda harus dengan rajin melakukan posting yang berkaitan dengan brand.

Jangan lupa juga untuk selalu berperan aktif dalam melakukan interaksi dengan para konsumen.

Content Marketing dan Infografis yang Menarik

Cara untuk membangun brand marketing selanjutnya adalah dengan content marketing.

Pembuatan konten ini berarti Anda harus menuliskan artikel mengenai brand Anda secara relevan dan tentunya menarik.

Konten yang dibuat ini akan membantu Anda untuk bisa meningkatkan brand awareness dan bisa meningkatkan jumlah konsumen.

Anda perlu mengetahui pentingnya apa itu brand awareness terhadap bisnis Anda, sehingga Anda bisa memberikan informasi yang selengkap-lengkapnya kepada para konsumen mengenai brand Anda.

Tujuan dari penulisan konten marketing ini sendiri adalah untuk membantu menciptakan citra dan pandangan positif bisnis Anda.

Buatlah strategi yang jelas untuk membuat content marketing ini. Salah satu konten marketing yang banyak digunakan saat ini adalah infografis.

Infografis bertujuan menyajikan sebuah konten yang kompleks dalam sebuah visual yang sederhana agar mudah dipahami audiens.

Untuk lebih memahaminya lagi anda dapat menyimak artikel peran infografis dalam marketing.

Menggunakan Video Marketing

Salah satu cara ampuh untuk membangun brand awareness adalah dengan melakukan promosi lewat video atau video marketing.

Penelitian tertutup kami sendiri sudah membuktikan bahwa kurang lebih 90% masyarakat Indonesia lebih memilih untuk menonton video dibandingkan membaca teks atau pun gambar.

Dengan begitu, membuat video marketing untuk membangun brand awareness merupakan strategi yang tepat.

Jenis video yang bisa Anda buat diantaranya adalah explainer video. Di dalamnya Anda akan memberikan informasi penting dan penjelasan singkat mengenai bisnis dan brand Anda.

Buatlah durasi singkat sekitar 1 menit hingga 2 menit untuk menarik minat para penontonnya. Lalu, Anda juga membuat video jenis pre roll video. Video ini merupakan sebuah iklan singkat yang biasanya akan muncul sebelum memutar video yang ingin Anda tonton.

Sedangkan video terakhir yang bisa dibuat adalah video blog atau vlog. Vlog ini merupakan video yang sedang populer sekarang ini. Anda bisa membuatnya dengan konsep yang kasual, menyenangkan, namun tak lupa menyematkan informasi penting dari brand yang Anda miliki.

Adakan Event Marketing

Salah satu cara klasik nan ampuh untuk bisa membangun brand awareness adalah dengan event. Apapun jenis bisnis yang Anda miliki, cobalah adakan sebuah event untuk dapat membantu perluasan brand awareness.

Anda bisa membuat event seperti event launching produk yang dipromosikan atau bisa juga dalam bentuk seminar.

Dengan mengadakan event ini, Anda akan bertemu dan melakukan interaksi secara langsung dengan orang-orang yang datang dalam acara event Anda.

Cara ini merupakan cara yang efektif untuk dapat menyampaikan secara langsung informasi penting mengenai brand Anda.

Melakukan Sponsorship

Langkah lain untuk meningkatkan apa itu brand awareness adalah dengan melakukan sponsorship.

Selain mengadakan event sendiri, Anda juga bisa melakukan sponsorship terhadap event lain guna meningkatkan brand awareness.

Pastikan event tersebut sesuai dengan konsumen yang Anda targetkan.

Sponsorship ini akan membantu para konsumen untuk mengenal lebih dalam mengenai bisnis Anda.

Demikianlah pembahasan mengenai apa itu brand awareness dan cara-cara untuk dapat membangunnya. Semoga cara-cara seperti di atas mampu membantu peningkatan brand awareness bisnis Anda.

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.